Spesifikasi Umum Untuk Bermain Game PC Online

By | March 3, 2016

Jaman sekarang game merupakan salah satu kebutuhan yang digemari hampir diseluruh kalangan umur dan Negara. Dan juga banyak sekali spesifikasi yang ditawarkan oleh produk PC. Masalahnya terkadang saat kita mempunyai uang kita bingung mau memilih spesifikasi yang bagaimana ? Disini saya akan memberikan informasi Spesifikasi game online.

Game_PC_Group_test-Chillblast

Game online:

Untuk spesifikasi game online memang sangat banyak dan bervariasi.Beberapa poin yang mesti diperhatikan untuk memilih komputer buat main Game Online. Analisa spesifikasi komputer buat game online ini berdasarkan sedikit pengalaman dan share dari teman serta beberapa referensi dari google.

Namun hal lain yang patut diperhatikan sebenarnya adalah kelancaran koneksi internet buat main Game Online (poin utama Game online). Karena secanggih apapun komputer kita, jelas untuk memainkan Game Online sangat tergantung pada kualitas koneksi yang dimiliki.

Setidaknya ada 6 hal penting yang perlu diprioritaskan untuk komputer yang bakal difokuskan (sering) dimainkan untuk Game Online. Antara lain :

1. Mother Board

MotherBoard yang mendukung Game Online setidaknya sudah memiliki integrasi yang baik dengan hardware dan processor terbaru. Ini menjadi hal vital sebagai pusat optimalisasi kinerja komputer. Pilih MotherBoard yang telah memiliki reputasi baik dalam kinerja berat, mendukung chipset keluaran terbaru, mudah di upgrade, memiliki soket RAM yang cukup dan ruang ventilasi yang cukup. Untuk komputer game sebaiknya pilih mobo yang ukurannya sedang atau besar dengan slot memory 4, mobo yang kecil biasanya dioptimasi untuk komputer office.

Ada beberapa MotherBoard yang umum digunakan para gamers dan telah cukup teruji hingga saat ini. Rekomendasi baiknya menggunakan AMD ataupun Intel, sesuai selera anda. Namun untuk merek lain baiknya anda amati dahulu kapabilitas dan kualitasnya. Setidaknya lakukan perbandingan terhadap 2 pilihan diatas.

Sebagai pilihan ekonomis anda bisa memilih ECS motherboard. Harga yang terjangkau dan performanya yang selama ini cukup konsisten. AMD Llano ECS A75F-M2 adalah Motherboard termasuk murah saat ini. Untuk platform AMD AM3, ECS A880LM-M (chipset AMD760) bisa dijadikan referensi. Bila menggunakan Intel motherboard, chipset H61 (ECS H61H2-M2) bisa jadi pilihan yang tepat karena harganya sangat terjangkau.

2. Processor

Processor yang tepat jadi sangat vital untuk komputer Game Online. Pastikan Processor yang digunakan sudah memiliki integrasi dengan teknologi terbaru dengan spesifikasi minimal 2,5 Mhz sudah cukup. Namun akan lebih baik  pada batasan minimal 3 Mhz agar lebih stabil. Spek diatas itu sangat dianjurkan demi kenyamanan bermain game.

Processor Intel Dual Core 2,5 Mhz , Pentium IV 3 Mhz serta AMD Athlon/Phenom x2 unlock to x3 bisa jadi pilihan tepat untuk dipertimbangkan.

3. RAM (Memory dan kecepatan)

Penggunaan RAM minimal 2 GB sangat disarankan, semakin tinggi akan semakin baik untuk mendukung kelancaran kerja processor saat bermain game online. DDR3 jadi pilihan utama selain DDR2, karena kapasitas dan kecepatan DDR3 lebih baik daripada DDR2. Selain itu perhatikan juga ketersediaan barang dipasaran, agar mudah didapatkan bila terjadi kerusakan di masa mendatang.

4. VGA Card

Rata-rata game online menuntut kinerja grafis dan video yang tinggi, untuk itu sangat direkomendasikan komputer anda sudah memiliki VGA Card minimal 512 Mb  128 bit. Akan lebih baik lagi memakai VGA Card dengan kapasitas diatas itu.

Pilihan untuk VGA Card seperti AMD Radeon 5570 dan NVIDIA GeForce GT430 jadi rekomendasi untuk bermain game Online.

Untuk pilihan VGA Card ATI ataupun Nvidia, baiknya perhatikan 2 hal berikut :
ATI lebih baik dan stabil berpasangan dengan AMD (motherboard)
Nvidia lebih baik dan stabil berpasangan dengan Intel, atau AMD dengan chipset Nforce.

5. Kapasitad Hardisk

Penggunaan kapasitas hardisk untuk bermain game online biasanya sangat besar. Untuk itu perlu disiapkan ruang kapasitas yang cukup, mengingat porsi untuk Game Online makin lama makin besar, terutama untuk instalasi dan space update game.

Kapasitas Hardisk minimal 80 GB sudah cukup, namun Bang-Is merekomendasikan pada batasan minimal 250 GB dan 500 GB. Apalagi bila anda merupakan gamer aktif pada beberapa game online, tidak hanya satu game.

6. Memiliki sistem pendingin yang cukup ( Fan / Cooler )

Untuk meningkatkan kinerja komputer, penggunaan Fan dan Heatsink (cooler) yang memadai sangat dianjurkan. Pada motherboard AMD, disarankan melakukan modifikasi pada heatsink agar mempunyai daya pendinginan yang lebih besar. Tidak disarankan menggunakan pendingin bawaan AMD yang masih minimal.

Sistem pendingin yang cukup akan sangat membantu meringankan kinerja komputer Game Online, terutama kerja processor agar maksimal dan tahan lama. Seringkali banyak kasus processor dan motherboard tidak kuat (over) akibat panas yang berlebihan.

Sekedar tambahan : Sistem Operasi Windows XP vs Win 7

Windows XP hanya mendukung Dirext X 9 sementara Win 7 sudah mendukung Dirext X 11. Untuk para gamer tinggalkan Windows XP, karena apabila graphic card anda sudah men-support Direct X 11 tapi anda masih menggunakan Win XP maka fitur-fitur Dirext X 11 pada games yang sudah men-support Dirext X 11 tidak akan muncul.

Saya rasa beberapa poin diatas sudah cukup sebagai spesifikasi komputer yang baik untuk Game Online. Perangkat lain seperti Monitor, Speaker, Mouse dan lain-lain bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan kita.

Kalo saya sih menggunakan windows 8.1 untuk game dota 2, pb, lost saga dll bisa ko guys lancar jaya aja ^_^.

Leave a Reply